Cara membuat septictank sangatlah mudah dan ini dapat dilakukan sendiri dengan bantuan tukang meski bukan ahli dalam pembuatan septictank, yang terpenting adalah kita mengetahui konsep dalam pembuatan septictank,dan untuk memahami tentang septictank yang baik maka silahkan baca dulu artkel ini tentang cara membuat septictank yang baik agar tidak mudah penuh juga lingkungan tetap sehat.

Septictank merupakan bagian dari fasilitas sebuah rumah/bangunan yang keberadaanya sangat diperlukan dalam kehidupan,septictank adalah tempat ahir dari pembuangan limbah kotor ,dan untuk memiliki rumah yang sehat dan nyaman atau terhindar dari pencemaran maka ada beberapa hal penting dan harus diperhatikan saat pembuatan septictank.

Cara membuat septic tank yang benar dan aman bagi lingkungan

Cara membuat septictank
Cara membuat septictank

Memiliki rumah yang sehat,bersih tanpa pencemaran lingkungan adalah dambaan semua orang,dan bagian rumah yang banyak menjadi sumber pencemaran adalah kondisi septictank yang kurang baik,oleh karna itu simak tips berikut sebelum anda membuat septictank :

  • Buat ukuran septictank sesuai dengan isi penghuni,meski septictank kecil (karna lokasi sempit) kalau kondisinya baik maka akan menjadikan septictank yang tidak mudah penuh.
  • Ukuran pipa pembuangan dari WC harus berukuran besar, yaitu 4 inchi, jangan banyak belokan atau memakai elbow, agar kotoran mengalir dengan lancar bebas hambatan.
  • Pipa pembuangan harus memiliki kemiringan yang cukup, sehingga kotoran cepat mengalir ke septic tank ketika di dorong oleh air siraman.
  • Sediakan saluran udara agar tidak “meledak”, dan saluran pembuangan air melimpah pada ruang resapan septic tank, sehingga jika cairan atau air resapan penuh dapat mengalir keluar mengurangi tekanan udara yang tersumbat.
  • Beri tembokan pada dinding septictank agar tidak mudah ambrol juga air hujan tidak mudah masuk.
  • Kalau lokasinya memadai buat lobang untuk resapan (lobang pertama sebagai penampung bahan padat dan yang kedua sebagai bahan cair yang akan dialirkan dari lobang pertama).
  • Pada lobang kedua sebaiknya diisi dengan ijuk atau sejenisnya,pasir dan kerikil supaya resapan airnya akan lebih optimal.
  • Penutup sep tic tank terbuat dari beton bertulang dengan ketebalan 12 cm sehingga kuat menahan beban kendaraan melintas diatasnya.
  • Untuk perawatan septictank tambahkan mikroba pengurai Starbio plus setiap 4-6 bulan sekali,agar kotoran yang masuk mudah diurai menjadi cair sehingga dapat diserap dengan baik dan menghindari pencemaran tanah lingkungan.

Demikian cara membuat septictank yang baik,semoga bermanfaat.KLIK DISINI untuk cara mendapatkan Starbio plus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s